Perjanjian Kinerja Tahun 2016

  • Dibaca: 235 Pengunjung

Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung Tahun 2016 merupakan dokumen perencanaan tahunan sebagai penjabaran dari Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung Tahun 2014-2018. Dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung Tahun 2016 terdapat program-program yang strategis dan program-program yang tidak strategis. Program-program yang bersifat strategis termuat dalam dokumen Rencana Kinerja Tahunan(RKT)  yang memuat informasi tentang : 1) Sasaran yang ingin dicapai dalam tahun yang bersangkutan (Sasaran Strtegis); 2) Indikator Kinerja Sasaran/Indikator Kinerja Utama; dan 3) Target Capaiannya.

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan yang telah ditetapkan dalam RENSTRA yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun anggaran.  Sasaran bersifat spesifik dan terukur berdasarkan indikator kinerja utama sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaiaannya.

Indikator Kinerja Utama ini memuat aspek prioritas pembangunan dan penjelasan tentang ukuran keberhasilan pencapaian sasaran strategis  Dinas pendidikan pemuda dan olahraga  Kabupaten Klungkung  yang  mencerminkan  sesuatu  yang  akan  dicapai  secara  nyata  daripelaksanaan program dalam rumusan yang spesifik, terukur, dan berorientasi pada hasil (outcome) sebagaimana telah direncanakan sesuai dengan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung dan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung Tahun 2013-2018 serta Arah Kebijakan Umum APBD Tahun 2016.

Penetapan Kinerja merupakan suatu dokumen pernyataan kinerja/kesepakatan kinerja/perjanjian kinerja antara atasan dan bawahan untuk mewujudkan target kinerja tertentu berdasarkan pada sumber daya yang dimiliki. Penetapan Kinerja Tahun 2016Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung ditetapkan dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, akuntabel dan berorientasi kepada hasil, berisi program utama, sasaran yang hendak dicapai dengan target indicator output danatauoutcomepada tabel terlampir.

Sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 53Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tatacara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Laporan Kinerja berisi  ikhtisar pencapaian sasaran sebagaimana yang ditetapkan dalam dokumen penetapan kinerja dan dokumen perencanaan.

Pencapaian sasaran sekurang-kurangnya menyajikan informasi tentang pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, realisasi pencapaian indikator kinerja utama, penjelasan yang memadai atas pencapaian kinerja, pembandingan capaian indikator kinerja sampai dengan tahun berjalan dengan target kinerja lima tahunan yang direncanakan. Pencapaian Indikator Sasaran yang tertuang dalam Indikator Kinerja Utama Pemerintah Kabupaten Klungkung Tahun 2016 adalah sebagai berikut:

  • Dibaca: 235 Pengunjung