LKJIP 2015

  • Dibaca: 89 Pengunjung

RINGKASAN EKSEKUTIF

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung tahun 2015berisi tentang capaian kinerja selama tahun 2015 sebagaimana direncanakan dalam Rencana Kinerja Tahunan Tahun 2015.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung melaksanakan 2 (dua) urusan yaitu urusan wajib pendidikan dan urusan wajib kepemudaan dan olahraga serta telah menetapkan 15 sasaran yang harus dicapai selama tahun 2015. Sasaran tersebut diwujudkan melalui 12 program dan 63kegiatanstrategis. Dari sasaran stratejik yang ditetapkan tahun 2015, yang menjadi prioritas utama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung terdiri dari 15sasaran strategisyaitu di bidang pelayanan pendidikan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal pada semua jenjang pendidikan formal maupun non formal dan informal serta meningkatkan kualitas pendidiksetara dengan kesejahteraan tenaga pendidik untuk mewujudkan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih baik. Di bidang kepemudaan dan olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melaksanakan program pengembangan kebijakan kepemudaan dalam pembangunan, program pelaksanaan identifikasi bakat dan pelajar dalam olahraga serta program pemeliharaan rutin berkala sarana dan prasarana olahraga sekolah serta sarana dan prasarana olahraga masyarakat.

Jumlah anggaran yang ditetapkan untuk membiayai12 program dan63kegiatan anggaran belanja langsung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Klungkung selama tahun 2015adalah sebesarRp 40.613.512.139,72 dengan realisasi mencapai Rp 33.063.604.283,00 atau sebesar 81,41%, capaian ini lebih besar daripada pencapaian tahun 2014 yang sebesar 73,32 % dari anggaran yang ditetapkan. Persentase anggaran belanja langsung ini sebesar 3,99% dari keseluruhan APBD Kabupaten Klungkung yang sebesar Rp. 1.016.974.842.882,51 angka ini menurun daripada tahun 2014 yang besarnya 4,77% dari APBD Kabupaten Klungkung. Selain belanja langsung Disdikpora juga mengelola belanja tidak langsung yang dianggarkan untuk belanja gaji guru dan pegawai serta tunjangan profesi guru sebesar Rp. 347.400.274.853,17 atau sebesar 36,81 % dari keseluruhan APBD Klungkung, angka ini meningkat jika dibandingkan dengan APBD Tahun 2014 yang sebesar 33,96%. Secara garis besar pelaksanaan aspek keuangan ini telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pelaporan yang lazim dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, hemat, efisien dan efektif dengan menghindarkan seminimal mungkin penyalahgunaan anggaran.

Adapun  sasaran program dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Meningkatnya akses dan mutu pendidikan anak usia dini yang ditunjukkan dengan indikator persentase capaian APK PAUD.
  2. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan pelayanan pendidikan Non Formal – Informal yang ditunjukkan dengan indikator persentase capaian Angka Melek Huruf (AMH).
  3. Terselenggaranya pembekalan pendidikan berbasis ketrampilan yang dibutuhkan di dunia kerja yang dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat yang ditunjukkan dengan indikator jumlah Masyarakat yang mengikuti pendidikan life skill.
  4. Meningkatnya akses dan mutu pendidikan wajar 9 tahun yang ditunjukkan dengan indikator persentase capaian APK SD dan SMP.
  5. Meningkatnya akses dan mutu pendidikan wajar 12 tahun yang ditunjukkan dengan indikator persentase capaian APK Sekolah Menengah
  6. Meningkatnya kesejahteraan guru terutama bagi guru di daerah terpencil dan berprestasi yang ditunjukkan dengan indikator jumlah guru yang bersertifikat pendidik.
  7. Meningkatkan penyelenggaraan manajemen di tingkat sekolah yang ditunjukkan dengan persentase penyelenggaraan pendataan pendidikan melalui system dapodik.
  8. Meningkatnya Kualitas program pelayanan pendidikan melalui pemenuhan kebutuhan administrasi pelayanan yang ditunjukkan dengan  indikator rata-rata capaian output kegiatan.
  9. Meningkatnya Kualitas pelayanan pendidikan melalui peningkatan sarana dan prasarana aparatur yang ditunjukkan dengan indikator persentase terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana
  10. Meningkatnya Kualitas pelayanan pendidikan melalui peningkatan disiplin aparatur yang ditunjukkan dengan indikator persentase terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana.
  11. Meningkatnya Kualitas pelayanan pendidikan melalui peningkatan kapasitas sumber daya ditunjukkan dengan indikator Persentase terpenuhinya kebutuhan pelaksanaan Bintek.
  12. Mewujudkan peningkatan peran serta pemuda dalam pembangunan yang ditunjukkan dengan indikator Jumlah pemuda yang berperan aktif meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.
  13. Meningkatkan status kesehatan jasmani dan rohani bagi masyarakat dan pengembangan model reward bagi prestasi olahraga yang ditunjukkan dengan indikator Jumlah siswa berprestasi di bidang olahraga yang memperoleh penghargaan.
  14. Meningkatnya pembinaan atlet siswa yang ditunjukkan dengan indikator jumlah atlet berprestasi yang dibina.
  15. Meningkatnya sarana dan prasarana pembinaan atlet terpadu dan berkesinambungan yang ditunjukkan dengan  Persentase Sarana prasarana olahraga yang terpelihara.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) 2015 bidang urusan pendidikan serta urusan kepemudaan dan olahraga senantiasa mengacu kepada Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung 2013-2018 yang mengacu kepada RPJMD Kabupaten Klungkung Tahun 2013-2018.

  • Dibaca: 89 Pengunjung