Angka Rata-Rata Lama Sekolah (ARLS) Kabupaten Klungkung Meningkat

  • 07 Juni 2017
  • Dibaca: 987 Pengunjung
Angka Rata-Rata Lama Sekolah (ARLS) Kabupaten Klungkung Meningkat

Salah satu variabel dari komponen IPM yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat pendidikan penduduk suatu wilayah adalah Rata-rata Lama Sekolah (RLS) (tahun). Indikator ini menunjukkan sampai pada jenjang pendidikan apa secara umum tingkat pendidikan penduduk dewasa di Kabupaten Klungkung

ARLS Kabupaten Klungkung pada tahun 2015 adalah sebesar 6,98 tahun pada tahun 2016 meningkat menjadi 7,06 tahun seperti dilansir pada halaman website BPS Kabupaten Klungkung https://klungkungkab.bps.go.id/ Angka ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pendidikan penduduk usia sekolah (7 tahun atau lebih) di Kabupaten Klungkung dapat menyelesaikan sekolah hanya sampai kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sehingga untuk mencapai target rata-rata lama bersekolah 9 tahun masih membutuhkan upaya lebih kerja keras lagi dari pemerintah daerah Kota Pekalongan. Oleh karena itu, selain menjadikan hal ini sebagai Pekerjaan Rumah dan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah, juga menjadi masukan dalam menyusun arah kebijakan dan strategi pembangunan berbasis partisipasi masyarakat. Sehingga arah komunikasi pembangunan lebih dapat tersampaikan dengan baik.

Upaya yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung  untuk mendorong bertambahnya rata-rata lama sekolah adalah antara lain dengan mewajibkan setiap sekolah menerima murid yang berasal dari warga yang tidak mampu. Selain itu perlu juga dilakukan dengan membuat perangkat atau aturan dan petunjuk teknisnya, untuk mendorong setiap warga Kabupaten Klungkung  yang berusia sekolah untuk bersekolah dan minimal dapat menyelesaikan pendidikan dasarnya. 

Selain itu salah satu Rencana Aksi GEMA SANTI pada bidang pendidikan yaitu GEMA KLUNGKUNG MENGAJAR juga memberi kontribusi yang cukup tinggi terhadap peningkatan ini. Sasaran utama program Gema Santi Klungkung Mengajar adalah meningkatan Angka Rata-Rata Lama Sekolah (ARLS) dan meningkatkan Angka Melek Huruf (AMH) saat ini AMH Kabupaten Klungkung masih berada pada posisi 86,32%. Pada tahun 2017 tercatat sebanyak 570 orang sasaran baru untuk mengikuti program Pendidikan Keaksaraan untuk meningkatkan AMH, sedangkan penambahan sasaran Pendidikan Kesetaraan sebanyak 40 orang untuk Kejar Paket A, 125 orang untuk Kejar Paket B dan 75 orang Kejar Paket C.

disdik skrn

  • 07 Juni 2017
  • Dibaca: 987 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita